Sabtu, 11 Agustus 2012

Hamster

yaitu binatang sejenis hewan pengerat. Bentuknya seperti tikus. terdapat berbagai jenis hamster di dunia dan hampir ada di tiap negara. Hamster termasuk ke dalam Subfamili cricetinae. Subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus. Hamster seringkali digunakan sebagai hewan percobaan di laboratorium (karena reproduksi mereka yang cepat) bersama tikus dan hewan pengerat lainnya.


Karakter

Hamster memiliki badan gemuk dan ekor yang lebih pendek daripada badannya,  serta memiliki telinga yang berbulu, kaki yang lebar, pendek dan pendek gemuk. Binatang ini sering juga disebut marmot. Hamster memiliki bulu yang tebal dan panjang, dan bulunya memiliki berbagai warna tergantung spesies hamster tersebut, contohnya hitam, coklat, kuning dan merah, abu-abu, putih. Hamster Dzhungaria - dikalangan hobiis dikenal sebagai Hamster Winter White (Phodopus sungorus) dan hamster kerdil bergaris (Cricetulus barabensis) memiliki garis hitam dibawah bagian tengah punggung. hamster kerdil padang pasir (genus Phodopus) adalah hamster terkecil, dengan panjang badan 5 sampai 10 sentimeter (sekitar 2 sampai 4 inci) , sedangkan hamster terbesar adalah hamster Eropa (Cricetus cricetus), dengan panjang badan lebih dari 34 sentimeter, tidak termasuk ekor pendek yang memiliki panjang 6 sentimeter.


Habitat 

Hamster biasanya hidup di perbatasan padang pasir, bukit pasir yang divegetasi, bukit di kaki gunung dan dataran rendah yang bersemak-semak dan berbatu, sungai di lembah, dan padang rumput yang luas, beberapa juga tinggal di ladang tanam.
Hamster dapat disimpan baik di kandang maupun pada terarium yang tersedia di toko-toko binatang peliharaan. Kandang lebih mudah dibawa, pinggirannya dapat digunakan untuk memanjat. Pada kotak gelas, dapat mencegah hamster melempar keluar serbuk kayu dan sampah-sampah lainnya keluar kandang, memberikan pemandangan yang lebih baik untuk hamster, lebih tenang, serta mencegah keadaan sekitar kandang yang kotor.

Perilaku dan Kebiasaan 

-Aktif pada malam hari


-Senang menjaga kebersihan



-Menimbun makanan di dalam mulut





-Tidur terlentang


-Berdiri di atas kedua kaki belakang dan kumis yang bergerak-gerak



-Berlari-lari di dalam kincir putar




-Mengupas makanan sambil terlentang




-Saling gigit sesama hamster



-Meloncat ke belakang

Cara Memelihara

1. Hamster yang baru dibeli
Sewaktu hamster di dalam sangkar, jangan memandai mandai untuk hulurkan jari anda jika hamster tersebut masih belum biasa dengan anda kerana kemungkinan hamster tersebut menyangkakan bahaya dan bertindak kasar dengan mencakar atau menggigit (sesetengah gigitan hamster boleh membawa luka). Jika mau memegang hamster, belajar cara memegang dengan betul yaitu satu tangan anda menjadi tempat ia berpijak dan satu lagi tangan anda mengusap di belakangnya.
2. Tempat tinggal hamster
Tempat tinggal ini juga harus disediakan ruang pengudaraan yang secukupnya, tempat tidur (bedding) yang dibuat daripada habuk kayu serta tempat menyimpan makanan dan minuman. Jangan lupa untuk menyediakan bahan bahan permainan seperti roda berpusing, sudu plastik dan sebagainya kerana telatah hamster yang suka untuk bermain. Hamster jenis hewan lincah, agar leluasa bergerak ,sebaiknya kandang yang disedikan berukuran besar.
Biasanya Petshop meyediakan kandang kandang untuk hamster, seperti aquarium. Pasir atau serbuk kayu patut disediakan dikandang guna menyerap kencing. Sebuk pasir diganti seminggu sekali.
3. Makanan dan Minuman
Beberapa makanan impor mengandung terlalu banyak bahan pewarna,
terlalu banyak biji bunga matahari atau bahan-bahan lainnya
yang bisa merugikan hamster itu sendiri. Beberapa jenis buah-buahan dan kacang-kacangan bisa diberikan
seminggu sekali dalam jumlah terbatas.
Beberapa makanan yang bisa diberikan sebagai
snack kepada hamster: (Perhatian: Makanan ini hanya diberikan sebagai
snack bukan makanan utama karena bisa mengakibatkan
ketidakseimbangan gizi, kerusakan pada sistem kencing, diare,
dan kelainan pada proses kehamilan karena obesitas)
Apel,Pir,Pisang,WortelJagung manis (pemberian dalam jumlah banyak
bisa mengakibatkan kerontokan bulu) Kentang (harus direbus dulu)
Kacang tanah,Kacang kulit,Kacang mete,Kacang almond,Kacang kedelai
Roti tawar,Biskuit Cracker,Oatmeal,Corn Flakes

Makanan yang sebaiknya tidak diberikan kepada hamster:
Selada,Kangkung dan seluruh sayuran hijau lainnya
(Cai sim, bayam, kai lan, dll),Ketimun,Jeruk dan semua bangsa citrus,
Cokela, Makanan yang telah diberi bumbu.

Hamster memperoleh air dari sayuran-sayuran atau sediakanlah botol minum kusus hamster yang dijual di petshop. Minuman hamster diberi air yang matang, jangan sekali-sekali memberi air keran
yang masih ada kuman-kumannya. Juga kebersihan botol harus senantiasa bersih.

1 komentar:

  1. hahhaha, lucu binatang ini.
    tapi kalo pipis bauknyaaa...

    BalasHapus